Gambaran Umum Cucak Ijo

Pada umumnya orang sering menyebutnya dengan julukan cucak hijau ataupun cucak ijo, tapi sebenarnya burung ini bukan termasuk kedalam keluarga cucak-cucakan. Cucak ijo juga tidak satu suku dengan keluarga seperti cucal rowo atau cucak yang berasal dari jawa.

cucak ijo ngentrok ngetrok ngejambul

Biasanya kicau menyebutnya dengan nama cucak ijo selain itu Nama latin (Ilmiah) dari cucak hijau ini yaitu Chloropsis sonnerati. Artinya dengan badan yang hampir bulunya berwarna hijau daun. Burung ini juga termasuk kedalam keluarga burung cito (cipoh) atau bahasa latinya aegitha spp. Sedangkan dalam bahasa inggris lebih dikenal dengan sebutan Greater Green Leafbird. Cica daun atau lebih dikenal dengan sebutan lain yaitu burung daun atau muarai daun.

Baca Juga : Mudahnya cara membedakan cucak ijo jantan dan betina

Cucak hijau mempunyai tubuh berukuran sedang, atau jika di ukur dari ujung paruh sampai dengan ujung ekor sekitar 22 cm. warna pada bagian tubuhnya dominan berwarna hijau daun atau hijau terang, sedangkan pada burung cucak hijau jantan pada bagian kepala dan leher ada sebagian berwarna hitam, dan pada cucak ijo betina hampir semua badannya berwarna hijau dan tidak bertopeng hitam. Pada bagian iris matanya berwarna coklat agak gelap, paruh yang terbilang cukup tebal, dan warna pada kaki abu-abu dan agak kebiruan.

Burung ini juga mempunyai sikap yang agresif jika ada burung lain sedang berkicau yang ukurannya lebih kecil. Jika sedang bengeluarkan kicauannya burung ini akan menundukan bagian kepalanya. Untuk makanan faporit nya, selain buah-buahan burung ini juga sangat menyukai serangga seperti jangkrik dan ulat hongkong.

Habitat cucak ijo dan penyebarannya
Ada berbagai daerah Penyebarannya cica daun ini seperti emenjanjung Malaysia, pulau Sumatra, pulau Kalimantan, natuna, daerah jawa dan bali. Burung ini kita bisa jumpai di hutan-hutan dengan dataran rendah sampai dengan ke bukit dengan ketinggian kurang lebih, sekitar 1000 mdpl. 

Adapun ciri-ciri cucak daun menurut asalnya:

  • Cica daun ukuran kecil bahasa latinnya Chloropsis cyanopogon cirri-cirinya yaitu hampir mirip dengan cucak hijau besar, namun ukuran tubuhnya lebih kecil sekitar 18 cm, dan pada bahunya tidak memiliki bercak berwarna biru. 
  • Cucak ijo bersayap biru, bahasa latinya Chloropsis cochinchinensis. pada bagian ekornya sayap dan ekornya berwarna biru, ukuran tubuhnya kuran lebih 17 cm.
  • Cica daun berdahi emas, bahasa latinya Chloropsis aurifrons . Adapun pada bagian dahinya berwarna kuning untuk yang berjenis kelamin jantan, ukuran tubuh sekitar 19 cm.
  • Cucak daun yang berasal dari Sumatra, bahasa latinnya Chloropsis venusta. Ukuran tubuhnya kecil sekitar 14 cm, pada bagian dahi dan sisi kepala berwarna biru yang sangat teran umtuk yang berjenis kelamin jantan, sedangkan pada betina warna biru pada bagian tenggorokannya berwarna biru terang. 



Bagikan Artikel ini


0 Response to " Gambaran Umum Cucak Ijo "

Posting Komentar

Cara Cepat Jadi Pengusaha

Fans Page