Cara Merawat Cucak Jenggot Agar Gacor dor ini tipsnya?

Alangkah senangnya jika mempunyai burung yang gacor dan rajin berbunnyi, apalagi jika kita mendengan suara besetan yang sangat tajam khas cucak jenggot. Terlepas dari itu bagamana kita merawat cucak jenggot agar rajin bunyi, perlu kesabaran dan ketelatenan dalam merawat dan konsisten agar apa yang kita inginkan tercapai. Selain itu burung yang satu ini juga sering dipakai masteran burung lainya seperti cucak hijau, murai batu, lovebird, kacer dll.
Cara Merawat Cucak Jenggot Agar Gacor Dan Rajin Bunyi



Ok. Langsung saja ke pembahasan yaitu cara merawat cucak jenggot yang baik dan tepat:
  1. Proses Pengembunan -> Dengan cara pengembunan pada burung cucak jenggot bisa membuat burung rajin berkicau, karena udara di pagi hari yang masih segar dan sejuk yang dirasakan burung seperti di alam liar. Untuk pengembunan bisa dilakukan pada waktu subuh atau sekitar jam 5 pagi, burung dibuka kerodongnya dan dikeluarkan dari rumah, kalau bisa usahakan gantung di dekat pepohonan. Setelah matahari muncul dan terasa hangat anda bisa memandikannya sesuai dengan kebiasaannya dengan cara disemprot, atau di  kasih cepuk yang besar, anda juga bisa menambahkan shampoo khusus burung yang banyak dijual di toko – toko burung. Dengan memakai sampo burung kita bisa terhindar dari penyakit dan bisa membasmi kutu. Setelah dimandikan kita bisa memberikan ekstra fooding kesukaannya seperti pisang, jangkrik, ulat hongkong, kroto, untuk porsinya missal jangkrik pagi 2 sore 2, ulat hongkong pagi 3 sore 3, untuk kroto bisa diberikan 2 kali dalam seminggu. Untuk penjemuran bisa dilakukan selama 2 jam saja dari jam 7 s/d jam 9 pagi. Setelah dijemur diangin-anginkan selama 10 menit lalu di kerodong dan ditempatkan pada ruangan yang tenang. 
  2. Proses Mandi malam -> Proses mandi malam ini di yakini bisa mendongkrak burung rajin berkicau dan menambah power suaranya. Seperti anis merah, kacer, cendet (pentet) yang rajin mandi malam dapat menghasilkan suara dan perfoma burung semakin makyus. Ternyata mandi malam juga bisa diterapkan juga pada burung cucak jenggot, apalagi cucak jenggot hasil tangkapan liar dengan mandi malam bisa membuat cucak jenggot lebih jinak. Mandi malam bisa dilakukan pada pukul 18.00 atau pukul 10.00 malam, terlebih dahulu kita perhatikan keadaan burung dan cuaca di sekitarnya. Jangan mandikan malam ketika burung sedang sakit ini bisa menyebabkan burung menjadi tambah parah dan bisa menimbulkan kematian.
  3. Pakan tambahan untuk cucak jenggot -> Pemberian pakan tambahan yang disukai bisa membuat burung lebih maksimal. Dibawah ini ada beberapa makanan tambahan yaitu potongan jahe, berikan potongan jahe yang dibentuk seperti dadu/ dipotong kecil – kecil dan dimasukan kedalam perut jangkrik. Berikan cara ini setelah ritual manadi malam.
  4. Pakan racikan -> Jika anda tidak ada waktu anda bisa menerapkan cara ini, yaitu dengan membuat pakan racikan. Bahan – bahan yang digunakan sebagai berikut : sediakan telur bebek yang masih mentah dan ambil bagian putihnya saja, 3 sendok kroto yang masih segar yang sudah terpisah dari semutnya, 1 buah apel merah yang sudah ditumbuk halus. 
  5. Cara meraciknya yaitu : satukan bahan-bahan di atas diaduk sampai rata, atau bisa juga mengunakan blender. Berikan 1 sendok setelah melakukan mandi malam. Lalu kerodong dan istirahtkan sampai esok harinya.

Demikian cara merawat cucak jenggot agar rajin berbunyi dan gacor, semoga bermanfaat untuk kicau mania nusantara. 


Bagikan Artikel ini


0 Response to " Cara Merawat Cucak Jenggot Agar Gacor dor ini tipsnya? "

Posting Komentar

Cara Cepat Jadi Pengusaha

Fans Page