Custom Domain Blogger

HeadLine

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Jenis - Jenis Murai Batu Yang Terkenal Di Indonesia

Admin On 21.41

Burung murai batu salah satu burung yang sangat terkenal di Indonesia maupun di luar negeri.  Adapun selain jenis burung seperti kenari, kacer, love bird, dan cucak rowo, cucak hijau. Burung dengan ciri khas ekornya yang panjang sudah menjadi perbincangan para kicau mania khusnya yang ada di indonesia.   Murai batu dalam bahasa latinnya yaitu Copsychus malabaricus, Kucica hutan adalah julukan lain dari tersebut. Banyak kicau mania yang ingin memelihara burung murai batu ini, bagai mana tidak. Burung ini memiliki perawakan yang sangat indah, suarnya yang cetar membahana hehehe emang sahrini, mempunyai sifat fighter yang tangguh.  

Murai batu Untuk penyebarannya sudah sampai ke Negara - Negara di asia, untuk di Indonesia sendiri penyebarannya yaitu di Kalimantan, Sumatra, dan jawa.  Beda daerah, beda pula entah itu dari karakter, perawakan, maupun dari segi suaranya. Kota menara air tirtandi menjadi salah satu daerah yang menghasilkan burung murai batu ekor panjang yang terkenal, karena ekornya yang sangat panjang bisa sampai kurang lebih 30 cm.

Banyak penggemamar murai batu yang masih keliru atau mengalami kesulitan bagaimana cara mengetehui jenis jenis – jenis murai dan dari mana asal muasal murai batu (MB) tersebut berasal. Sampai saat ini belum ada ciri khusus untuk membedakan jenis murai secara tepat dan akurat, apalagi yang berasal dari sumatera.  Jenis murai batu yang berasal dari sumatera merupakan spesies yang sama, yakni Copychus malabaricus. Murai yang berasal yang ada di Myanmar, Vietnam, laos, malaysia dan kamboja hampir sama dengan jenis murai yang ada di sumatera.

Copsychus malabaricus ini juga memiliki subspecies, akan tetapi jika burung ini sudah sampai di pasar burung akan sangat sulit sekali membedakannya terkecuali muari yang ber ekor hitam atau murai batu mania biasa menyebutnya blacktail.

Maka dari itu yang ratukicau.com sajikan disini hanya berdasarkan sumber – sumber yang terpecaya. Kenapa? Karena, membedakan jenis burung murai batu akan tepap susah menurut habitat aslinya. Kecuali jika anda terjun langsung memikat ke hutan, hal ini tidak disarankan. Biarkan murai batu berkembang biak di habitat aslinya. Kalau ingin beli langsung saja datang ke peternak murai, di Indonesia juga sudah banyak yang berhsil menernak murai batu. Pilih lah peternak yang sudah punya nama walaupun harganya sedikit lebih mahal namun terjamin kualitasnya. Setidaknya artikel ini juga bisa menjadi referensi anda jika ingin membeli di pasar burung. Di bawah ini ada beberapa jenis jenis burung murai batu :

MURAI BATU LAMPUNG SUPER

jenis jenis murai batu lampung super
Murai Batu LAmpung

Murai ini kini sangat sulit di temukan di habitat aslinya di karenakan perkebunan sekarang menjadi alih fungsi menjadi perumahan penduduk setempat. Burung murai bukan merupakan burung migran, apalagi sampai pidah dengan jarak yang sangat jauh, kemungkinan saat pindah lokasi dikarenakan rusaknya hutan, namun habitatnya tetap ada. 

Ciri – ciri murai batu lampung super yaitu:
  • Dari postur tubuh rata – rata kecil.
  • Jika saat berkicau, ada beberapa yang pada awalnya suka menggembungkan bulunya, namun setelah itu akan kembali lagi normal.
  • Jika anda ingin membeli murai batu lampung di pasar burung sebaiknya mengakan teman atau sodara yang sudah paham sekali tentang murai batu lampung. Biasanya para penjual suka menyebutnya dari daerah lain.
  • Untuk gaya tarungnya sangat bervariasi, menurut sal satu kicau mania dari lampung sendiri, salah satu ciri khas tarung nya yaitu dengan gaya mematuknya yang dilakukan sembari naik turun kepalanya. 
  • Warna pada bagian dada lebih gelap jika dibandingkan dengan murai asal Kalimantan.


MURAI BATU MEDAN

jenis jenis murai batu medan super
Murai Batu Medan 

jenis jenis murai batu medan super fisik
Murai Batu Medan Ekor Panjang

Berikut ini beberapa ciri khas murai batu medan :
  • Potur tubuh memang lebih besar dibandingkan dengan murai yang lainnya.
  • Badannya yang tegap dan gagah.
  • Mempunyai ekor yang melengkung dan panjang.
  • Jika terkena sinar matahari pada bulunya yang warna hitam akan Nampak warna seperti kebiruan.
  • Murai batu medan memiliki suara yang kencang.

Hati – hati ya teliti sebelum membeli, di pasar burung banyak oknum yang suka menyambung buntut murai jenis lain sehingga terlihat panjanng seperti murai medan.

MURAI BATU NIAS

jenis jenis murai batu nias super
Murai Batu Nias (Blacktail)

Ciri – ciri murai batu nias yaitu :
  • Untuk ukuran tubuh kecil, seukuran dengan murai batu lampung.
  • Untuk warna oranye pada dada juga hampir mirip dengan murai batu lampung.
  • Ciri yang paling khas dari murai nias yaitu pada bagian ekor tidak ada warna putih seperti murai lainnya (blacktail).
  • Gaya tarungnya unik yaitu mengerakan kepalanya sambil bernyanyi. 


Demikianlah bergam jenis – jenis murai batu yang ada di Indonesia, semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi sobat kicau mania yang ada di Indonesia. Jika ada yang ingin menambahkan silahkan isi saja di kolom komentar. Terima kasih

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »