Custom Domain Blogger

HeadLine

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

2 Cara Merawat Pleci Harian dan Lomba

Admin On 23.35

Cara merawat pleci harian dan lomba adalah judul artikel kali ini, ok langsung saja perlu diketahui juga burung pleci yang bagus untuk lomba sebaiknya anda pilih burung yang  sudah berumur dan dirawat minimal selama 1 th. Biasanya burung pleci yang sudah dewasa mempunyai mental tarung yang kuat beda dengan pleci yang masih muda walaupun ada sebagian pleci yang masih muda mempunyai mental yang kuat juga, atau anda bisa membelinya dari teman atau sodara yang mempunayi pleci yang sudah berumur. Selain umur banyak faktor lagi juga untuk menunjang berhasilnya dalam mengikuti lomba dan menjadi juara. Ada beberapa ciri burung pleci yang sudah berumur dan siap lomba yaitu jika anda memindah mindah gantangan atau anda bawa jalan – jalan burung tersebut akan berkicau dan ngerol tanpa menghiraukan keadaan di sekelilingnya, itu menandakan juga burung tersebut bermental bagus. Kunci sukes dalam mengorbitkan gacoan kita yaitu konsisten dalam perawatan.    

Sumber foto dari omkicau,com



Ada banyak cara dalam merawat pleci untuk harian atau menjelang lomba, kali ini kita akan membahas cara merawat burung pleci pakai cewean (betina) plecimania sering menyebutnya dengan untulan. Ada dua cara rawatan harian dan menjelang lomba burung pleci pakai betina (untulan):

  1. Pastikan burung pleci kita sudah berjodoh, Untuk harian sebaiknya gacoan dan untulannya disatukan dalam satu kandang, H-2 menjelang lomba pisahkan dengan untulannya biarkan sang jantan koar – koar seharian sampai puas menjelang malam satukan lagi dengan untulannya. H-1 usahakan jagoan kita istirahatkan dan ga boleh bunyi sampai di arena lomba. Pada hari H atau pas di lapangan pisahkan untulannya dan berikan 3 ulat hongkong kalau bisa ulat hongkongnya yang berwarna yang berwarna putih dan jeroan jangkrik sebanyak 2 ekor dan siap gantang.
  2. Cara perawatan harian dan menjelang lomba yang kedua agak sedikit berbeda yaitu dengan menempelkan cewean/ untulan dengan cara di tempel tidak disatukan dengan pleci jantan, di tempel disini maksudnya antara kandang untulan dan kandang gacoan kita hanya didekatkan dan stiap hari diberi ulat hongkong 1 ekor yang berwarna putih. H-2 sampai dengan hari H diistirahatkan dan tidak boleh bunyi. H-1 berikan cepuk kecil air gula. Untuk hari H dilapangan pisahkan dengan untulannya biarkan berbunyi kurang lebih 15 menit baru setelah itu berikan 1 ekor ulat hongkong yang warna putih dan 3 ekor jeroan jangkrik dan siap digantangkan.

Untuk tambahan untuk mandi bisa dilakukan setiap hari pagi dan sore dengan cara di semprot pakai sprayer atau tergantung dengan kebiasan mandi burung kita untuk jemur bisa sampai jam 10 pagi saja. Ok sobat Cara diatas boleh di aplikasikan kepada gacoan kita jika belum maksimal silahkan anda bereksperimen lagi, karena setiap burung beda karakter. Artinya jika sobat mempunyai 1000 burung maka akan ada 1000 karakter. Terima kasih     


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »