Custom Domain Blogger

HeadLine

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Perawatan Cucak Jenggot Lomba Istimewa?

Admin On 20.16

Bagaimana cara Perawatan cucak jenggot lomba supaya moncer di lapangan? Pada dasarnya cucak jenggot mempunyai karakter non fighter atau bukan burung petarung, cucak jenggot akan menjaga daerah kekuasaan nya apabila melihat burung sejenis dan daya tarung yang dihasilkan pada burung ini adalah dari tingkat birahinya. Burung ini juga tegolong mudah untuk dijinakan. 
gambar perawatan cucak jenggot lomba

Burung ini juga sering dijadikan masteran untuk burung lovebird, murai batu, anis merah, cucak ijo, dll. Tidak hanya untuk masteran burung ini juga bisa dijadikan untu burung lomba sekarang banyak yang membuka kelas untuk cucak jenggot. Untuk pemula mungkin akan mengalami kendala dalam menangani burung ini untuk di jadikan burung andalan untuk lomba, untuk hasil yang di inginkan di bawah ini ada beberapa tips untuk perawatan cucak jenggot lomba, mudah mudahan dengan cara ini burung kesayangan agan – agan akan moncer di lapangan dan mendapatkan hasil yang istimewa.

  1. Apabila dirumah anda mempunyai burung cucak jenggot lebih dari satu sebaiknya dipisahkan dahulu atau burung yang akan diikutsertakan lomba sebaiknya di asingkan dari burung sejenis cara ini dimaksudkan untuk menjaga agar cucak jenggot anda tidak terlalu aktif, staminanya terjaga, dan tidak mudah naik birahinya apabila melihat burung sejenis.
  2. Apabila hari minggu akan di lombakan maka dari hari senin sampai dengan hari jumat ekstra fooding seperti ulat hongkong dan jangkrik dihentikan.
  3. Untuk buah buahan tetap di berikan seperti biasanya.
  4. Untuk kegiatan mandi dan jemur tetap dilakukan seperti biasanya.
  5. Pada hari sabtu atau H-1 pemberian seperti janggkrik ditambah misal hariannya diberi jangkrik dua ekor pagi dan sore maka ditingkatkan menjadi 4 ekor pagi dan 4 ekor sore.
  6. Supaya kondisi burung tetap vit anda sebaiknya di fuul kerodong.
  7. Menjelang lomba porsi ektra fooding nya di tingkatkan lagi misal menjadi 6 ekor jangkrik dan ulat hongkong.
  8. Berikan buah apel atau bisa juga buah pisang yang sebelumnya di olesi dengan madu.
  9. Sesudah sampai dilapangan kerodong jangan dibuka tunggu burung kesayangan anda mau bunyi dulu, setelah burung anda sudah mau bunyi buka kerodong sebentar untuk  beradaptasi dengan lingkungan di sekitar lapangan.
  10. Setelah beradaptasi silahkan di full kerodong lagi.
  11. Sebelum di gantangkan sebaiknya makanan yang ada di dalam sangkar sebaiknya di copot agar burung anda lebih konsentrasi untuk berlomba.

Mungkin itu berapa tips tentang perawatan cucak jenggot lomba, apabila di dalam perawatan hariannya di lakukan secara tepat dan konsisten saya yakin burung anda akan tampil istimewa di lapangan.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »