Custom Domain Blogger

HeadLine

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

3 Cara Merawat Ciblek Bakalan?

Admin On 22.17



Cara Merawat Ciblek Bakalan yang baru di dapatkan dari alam liar, burung ciblek atau dari bahasa latinnya barwingedprinia atau di daerah lain juga sering disebut dengan burung cininin, pacikrak, dsb. Burung ciblek juga sering dipakai untuk memaster burung berkicau lainnya seperti murai, kacer, lovebird, cucak ijo, dll. Si tubuh kecil nan lincah dan suara nya yang nyaring dan memengangkang telinga atau banyak orang menebutnya dengan suara ngebren, Selain untuk koleksi dirumah burung ciblek ini juga ada lombanya. Burung ciblek di alam liar ketika mendengarkan suara pejantan yang lain si kecil mungil ini akan menyahutnya dengan lantang hal ini disebabkan burung ciblek sangat menjaga daerah tutorialnya.

cara merawat burung ciblek tangkapan dari hutan

Apabila anda mendapatkan burung ciblek hasil tangkapan dari alam liar di bawah ini ada beberapa tips bagaimana cara merawat ciblek bakalan yang baru saja di dapatkan dati alam liar :
1. Langkah pertama yang ada haruns lakukan adalah dengan menadaptasikan ciblek tersebut kesangkar, sangkar sebaiknya berbentuk kotak dan tidak terlalu kecil, sangkar tersebut sebelah kanan kiri dan belakang anda bisa menutupnya dengan koran atau bisa juga dari kain. Simpan di ditempat yang sepi hal ini dimaksudkan untuk mengadaptasikan burung ciblek dengan sangkar barunya. Untuk pakan nya anda bisa memberikan kroto segar pagi dan sore kurang lebih satu sendok teh saja adapun untuk minumannya anda bisa memberikan air biasa saja atau bisa juga dicampur dengan mutivitamin anti stress yang bisa didapat kan di kios -  kios burung.  Langkah pertama anda lakukan selama 3 hari berturut – turut.

sangkar burung bakalan tangkapan liar


2. Setelah langkah pertama kita lanjut ketahap berikutnya yaitu membiaskan burung ciblek memakan voer, mungkin jika anda pertamakali mempunyai burung hasil tangkapan hutan akan sedikit mengalami kesulitan, hehe. Tenang saja melatih burung untuk bisa memakan voer tidak terlalu sulit. Caranya yaitu kita siapkan voer halus dan kroto kemudian campurkan dan aduk hingga rata dan berikan pagi dan sore, untuk takarannya yaitu voer halus sekitar 75 % dan kroto 25 %. Dan jangan lupa juga berikan jangkrik ukuran kecil pagi satu dan sore satu. Kurang lebih 2 mingguan biasanya burung ciblek sudah bisa makan voer, cara mengetahui burung yang sudah makan voer yaitu dengan melihat kotorannya seperti warna voer.  

3.  Apabila kotorannya sudah menyerupai warna voer langkah selanjutnya kita bisa memberikan langsung voer kering tanpa harus dicampur dengan kroto lagi, jangan lupa diselingi dengan pemberian extra fooding, jumlahnya sebaiknya dibatasi jangkrik pagi 2 dan sore 2, kita juga bisa melepaskan koran yang tadi kita pasang di kanan, kiri, dan belakang.

Demikian bagaimana cara merawat ciblek bakalan tangkapan hutan somoga apa yang ada di artikel ini bisa bermanfaat untuk para kicau mania, apabila ada yang mau menambahkan silahkan isi di kolom komentar.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »